BREAKING NEWS

Minggu, 27 Agustus 2017

Anak Kos

Anak Kos - Kata “ngekos” sekarang tidak asing di dengar oleh telinga mahasiswa  . Kos merupakan pilihan yang mau tidak mau harus mereka pilih ketika harus menimba ilmu diUniversitas yang mereka inginkan yang berada diluar kota tertentu . Untuk mereka yang kuliah hanya di dalam kota mungkin tidak masalah , karena otomatis 90% mereka akan hidup dengan orang tua mereka . Tapi untuk mahasiswa yang kuliah di luar kota bahkan luar pulau . Mau tidak mau mereka harus hidup jauh dari orang tua mereka , dan otomatis pilihan hidup untuk “ngekos” atau “ngontrak rumah” bahkan ada yang sampek “beli rumah” untuk keperluan tempat tinggal mereka selama kuliah di Universitas yang mereka pilih .Mahasiswa pastinya berlomba lomba masuk ke Universitas yang mereka inginkan , sampai – sampai mereka harus berbondong – bondong keluar kota bahkan luar pulau untuk dapat menjadi mahasiswa di Universitas tersebut.Menurut survei , 80% mahasiswa memilih untuk “ngekos” , 15% mahasiswa ikut orangtua mereka berhubung mereka kuliah di dalam kota , 4% mereka memilih ngontrak rumah , dan 1% dari mereka memutuskan  membeli rumah karena mungkin orang tua mereka sangat mampu membiayai kuliah mereka .hmmmmm
Kehidupan anak kos sangat bervariasi . Kehidupan tersebut kadang berdampak positif dan juga negatif .

Dibawah ini beberapa dampak positif dan negatif dari anak kos :

Dampak positif :

1. Lebih mandiri menjalani hidup karena melakukan semua hal sendiri tanpa orangtua
2.  Bisa mengatur keuangan sehari hari dan bisa lebih menghargai kiriman uang dari orang tua
3. Lebih menghargai waktu yang ada karena harus membaginya dengan banyak hal
4.  Dan masih banyak lagi .

Dampak negatif :

1. Menghabiskan waktu hanya untuk bersenang – senang dengan teman – teman
2. Menghabiskan uang untuk hal yang tidak bermanfaat
3. Malas untuk melakukan semuanya sendiri , karena bisa dilakukan oleh orang lain . Misal : malas memncuci baju dan memilih untuk laundry .
4. Dan masih banyak lagi .
Itulah dampak positif dan negatif “ngekos” menurut survei saya pribadi

Tipe Anak Kos

Sebagian dari anak kos menganggap bahwa “ngekos” dan jauh dari orangh tua merupakan kesempatan untuk mereka meng ekspresikan apa yang mereka inginkan . Ada 3 tipe anak kos menurut survei saya pribadi
  • Mahasiswa pertama yaitu mahasiswa  yang benar benar ingin menimba ilmu dan menghabiskan waktunya hanya untuk hal yang bermanfaat . Tidak ada kata “hangout” bersama teman apabila keperluan tersebut tidak menyangkut tentang pelajaran yang tengah dihadapi di bangku kuliah . Mereka benar – benar memikirkan tujuan dan sikap apa yang harusnya diambil ketika  kuliah di tempat tersebut .
  • Mahasiswa kedua yaitu mahasiswa  yang setengah –  setengah untuk kuliah . Mereka akan melakukan apa yang mereka inginkan tergantung “mood” . terkadang ada kemauan untuk belajar , tetapi hal tersebut bisa terlupakan karena pengaruh dari mahasiswa lainnya . Misalnya : Ketika ia berangkat kuliah , temannya mengajak nya untuk nongkrong di mall . Karena terpengaruh ajakan teman , ia akhirnya bolos kuliah .
  • Mahasiswa ketiga yaitu mahasiswa yang benar benar tidak ada kemauan untuk belajar . mereka hanya menghabiskan waktu mereka untuk hal yang tidak bermanfaat. Contohnya : mereka membolos kuliah karena tidak menyukai dosen yang mengajar dan memilih nongkrong di mall , mereka masuk kuliah tetapi tidak pernah mencacat dan mendengarkan apa yang dosen jelaskan , orangtua mereka mengirimkan uang kepada mereka dengan tujuan digunakan untuk hal yang bermanfaat tetapi mereka menggunakannya untuk berhura – hura ,  dan masih banyak lagi contoh yang bisa di lihat disekitar lingkungan mahasiswa  . Seringkali mahasiswa mengabaikan kepercayaan dari orang tua mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan berdalih membayar uang SPP atau membeli buku .
Dari ketiga type yang saya sebutkan , tentunya anda mulai berpikir .Anda termasuk didalam mahasiswa type berapa ?Apabila pikiran anda seperti itu , mulai sekarang buanglah pikiran tersebut jauh – jauh . Apabila anda sudah merasa menjadi mahasiswa type 1 , janganlah merasa bangga dengan apa yang telah anda jalani sekarang . Tetapi berusahalah dan tetap berdoa agar anda bisa lebih maju dari yang sekarang . Dan untuk mahasiswa yang merasa berada di type 2 dan 3 , anda harusnya menekankan diri pada diri mereka masing – masing .Bahwa anda pasti bisa berubah menjadi mahasiswa type 1 , asal ada tekat dan kemauan . Hargai hidup ini karena kita sendiri belum mengetahui apakah kita masih hidup besok , lalukan yang terbaik hari ini dan anggap kesalahan hari kemarin sebagai pelajaran agar bisa lebih baik di hari ini . Orang tua kita sangat mengharapkan kita kelak menjadi orang yang bisa membanggakan mereka . Berpikirlah apa yang harus anda pikirkan mulai hari ini dan selalu bersifat optimis dalam segala hal karena kita semua bisaaa . Asal ada niat dan usaha dan jangan lupa berdoa selalu kepada Allah SWT yaa teman ..

Suka Duka Anak Kos

ketika memutuskan untuk jauh dari orangtua,tidak mengira kalo ngekos itu ada enaknya.pas enaknya sih ya enak,pas ga enaknya,duh ga enak banget.kos kosan bagi anak kuliah atau yang lagi mncari pekerjaan udah ga asing lagi,termasuk juga yang udah berkeluarga,pasti ada yg kos kosan juga,entah kos kamar atau kos rumah.khusus untuk mahasiswa seperti saya,akan saya beri penjelasan selebar dan setinggi tingginya apa ga enaknya jadi anak kos.dapat dilist sebagai berikut:jrengggg
  • uang harus cukup
  • ketika lagi “home” sick:D
  • segala sesuatu yang berbau mandiri,seperti:makan beli sendiri,sakit ngurus sendiri,tidur buat senyaman mungkin sendiri,bangun subuh sendiri,dan yang paling parah adalah sahur nyari sendiri  ,ditengah kegelapan malam dan dinginnya udara,ditemani oleh para jin jin yang masih berkeliaran dimana mana alias preman  .bersihin kamar sendiri,dan berbagai duka yg lainnya.
  • para penghuninya,eits,jangan salah duyu,penghuni disini yg dimaksut adalah para penjaganya,wah,tambah salah kaprah lagi,maksotnya teman teman kos kita .
  • Bapak/Ibu kos

ya,teman kos mempunyai pengaruh yang besar dalam kesuksesan kita mencapai anak kos sejati,kenapa?karena kalo temannya mempunyai pengaruh yg baik kekita and membawa kita ke yang baik,kita beruntung banget bisa mendapatkan teman yg demikian ,terus teman yang mau berbagi suka dan duka bersama,teman yg suka traktir hehhehehehe.menurut survei yang dilakukan oleh saya,Terkadang banyak anak kos berpindah pindah tempat,salah satunya adalah ya karena teman ini.alasannya:teman kurang kompak,teman malas,teman muka cemberutan,teman ga mau bantu waktu dia susah dll.
lalu bicara ttg bapak/ibu kos juga berpengaruh disini,kalo bapak/ibu kosnya pelit,bisa kabur semua anak kos,orientasinya hanya ke uang doang,waktu puasa ga ngasih kita makanan dikitpun(ujung ujungnya makanan  )susah juga sih berhadapan ama yg seperti ini,ya usaha yg dilakukan menurut logika ada dua:bertahan atau pindah ,dan saya memilih pindah karena akhirnya mendapatkan penghidupan yglebih baik disini.apa coba  .
ketika seorang mahasiswa dihadapi dengan hal ini,hanya ada dua pilihan teori yang bisa dijalankan:menghadapi,atau hanya mendekam didalam kamar sampai perut berbunyi ga karuan minta dikasih energi.kenapa dia hanya mendekam didalam kamar sodara sodara?mudah saja,karena malas
kalo menjalankan teori yang pertama,maka dia dikatakan anak kos sejati,alias sudah siap ama konsekuensi yg ada.
yang bermasalah jika berada dikondisi kedua,jangan diikuti oleh para calon anak kos dinegeri yang tercinta ini,karena dia rela mendekam dalam kamar daripada mencari makanan karena malas,contohnya adalah saya.mengapa anak kos seperti saya kadang berada pada situasi seperti ini?begini logikanya:
karena saya seorang kurir yang sedang dalam tahap pembelajaraan,maka setiap hari berhubungan ama komputer dan perkuliahan yang ujung ujungnya juga ttg kompi,maka akan tidak puas rasanya jika tidak membabat habis permasalahan yang ada di komputer sampai akhir,lalu setelah pembabatan,otomatis akan lelah,dan tempat persinggahan “kelelahan” ini ada di kos ku yang nyaman dan penuh senyuman ,lalu setelah nyaman di persinggahan,malas lagi keluar–>malas beli makan—>sakit.
ya,kebanyakan kenapa anak anak kos kebanyakan pada sakit,terutama penyakit khas kemasan dari anak kos yaitu tipes?ya penyebabnya adalah lgika yang saya jelaskan diatas.jadi,siap mental menjalani kehidupan anak kos,lebih diutamakan.ingat,kemalasan terjadi karena niat dan kesempatan yang ada.maka waspadalah.ting!!!!!!! ,tunggu artike saya selanjutnya ttg sukanya menjadi anak kos.

Cukup sekian artikel yang disajikan tentang Anak Kos semoga bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi artikel kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Tips Ala Anak Kos. Designed by OddThemes