BREAKING NEWS

Jumat, 15 September 2017

Kenali penyebab bintik merah pada kulit bayi dan cara mengatasinya

Kenali penyebab bintik merah pada kulit bayi dan cara mengatasinya - Pengalaman pertama memiliki bayi itu menyenangkan dan menegangkan. Bagaimana tidak karena tidak terlalu berpengalaman dalam perawatan bayi jangan kaget kalau ada masalah sedikit seperti tampilan bintik merah pada kulit bayi yang langsung membuat kita seperti orang tua menjadi panik.
Kenali penyebab bintik merah pada kulit bayi dan cara mengatasinya


Kehadiran bintik merah pada kulit bayi bukanlah pertanda baik, namun tetap saja Anda tidak perlu panik. Perlu diingat pada tahun-tahun awal kelahiran kulit bayi masih sensitif karena lapisan pada kulit bayi tidak sempurna karena sangat rentan terhadap gangguan dari mana saja. Baca juga artikel sunat dewasa pekanbaru

Nah, itu mengharuskan Anda untuk sangat berhati-hati dalam memilih produk bayi. Porduk kesalahan dalam memilih bayi bisa memicu alergi pada kulit bayi dan menyebabkan ruam, ruam kulit gatal bahkan pada kulit si bayi. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang apa yang menyebabkan bintik merah pada kulit bayi dan cara mengatasinya.

Penyebab bintik merah pada kulit bayi


1. Pensil Keringat

Ibu di rumah harus jeli dalam mengamati bayinya, dan tidak mudah panik jika si kecil memiliki masalah kesehatan. Bila Anda melihat ada banyak bintik merah seperti gelembung kecil di kulit bayi, maka jangan takut karena panasnya berduri. Biasanya, keringat berduri ini terjadi di leher, wajah, punggung dan juga pantat pada bayi yang terkena popok.

Tentu Anda akan disertai rasa gatal sehingga membuat bayi Anda menjadi rewel. Penyebab utama panas berduri adalah cuaca panas atau bisa juga disebabkan oleh perilaku bayi saat beraktivitas.

Untuk mengantisipasi bahwa bayi Anda terhindar dari panas yang berduri maka cobalah untuk memakai pakaian longgar dan pilih pakaian yang terbuat dari katun untuk menyerap keringat bayi.


2. Intertrigo

Intertrigo adalah kemerahan yang muncul di lipatan kulit bayi, biasanya lebih banyak ditemukan di dalam paha, ketiak dan perut. Munculnya kemerahan pada lipatan kulit bayi ini tentu akan membuat bayi menjadi rewel karena menyebabkan gatal dan nyeri bila terjadi gesekan pada kulit bayi.

Masalah ini paling sering ditemukan pada bayi yang memiliki tubuh gemuk. Akibat lemak tubuh, maka akan terjadi kelebihan kelipatan pada bayi, seiring dengan tidak adanya udara yang masuk ke dalam bingkai tubuh bayi, menyebabkan kulit bayi menjadi lembab.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah Anda harus selalu menyeka lipatan kulit pada bayi dengan air lalu diangin sebentar.


3. Seborrhea

Masalah kulit ini sering dialami bayi kurang dari 6 bulan. Ciri khas seborrhea biasanya timbul kulit bayi saat sisik muncul di kulit kepala, wajah, di belakang telinga, pipi dan dada. Bila dilihat sekilas, maka tampak ketombe itu sisik kekuningan dan juga renyah.

Cara menghilangkan seborrhea bisa dilakukan dengan obat tradisional dan diiringi baby oil atau olive oil.


4. Eksim

Eksim adalah masalah kulit yang serius jika tidak diobati dengan cepat yang akan menyebabkan nanah dan kulit kayu. Eksim adalah peradangan utama, yang dapat menyebabkan pembentukan gelembung kecil di kulit bayi. Gelembung mengisi dengan air dan istirahat sendiri.

Pecahnya gelembung tersebut akan menyebabkan nanah dan kulit kayu di kulit bayi. Itulah sebabnya kita seharusnya tidak membiarkan masalah ini dan kita harus mengobatinya dengan cepat. Eksim pada masing-masing bayi tidak sama, sehingga langkah yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah berhubungan dengan kulit dokter khusus.

5. Hubungi Dermatitis

Jika masalahnya biasanya disebabkan oleh reaksi alergi akibat penggunaan sabun yang tidak tepat atau mungkin juga karena penggunaan deterjen yang tidak tepat digunakan untuk mencuci pakaian bayi. Terkena bahan kimia ini akan membuat kulit bayi menjadi alergi, mengakibatkan ruam besar, gatal, dan sensasi terbakar.

Untuk mengatasi masalah ini maka jalannya adalah dengan berhenti menggunakan bahan penyebab alergi. Seiring dengan krim yang mengandung hidrokortison untuk meringankan gatal dan juga kemerahan pada kulit bayi.

Itulah penyebab bintik merah atau kemerahan pada kulit bayi. Satu hal yang perlu diingat, kepanikan jagan jika ia menemukan masalah seperti di atas karena semakin Anda panik maka pastinya lebih sulit bagi Anda untuk berpikir.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Tips Ala Anak Kos. Designed by OddThemes